Suami Siaga

Semenjak istri masuk rumah sakit untuk proses melahirkan, semua aktifitas di rumah harus aku handle semuanya. Aku harus mondar-mandir rumah sakit-rumah untuk mengurus istri dan keperluan anak-anakku. Di rumah, aku memasak untuk makan anak-anak namun terkadang lauknya beli di warung. Setiap pagi aku menyiapkan bekal anak-anak untuk sekolah, memandikan anakku yang umur 2,5 tahun, membersihkan rumah dan mengurus cucian serta setrikaan. Maklum kami sekeluarga tidak mempunyai PRT sehingga pekerjaan rumah kami lakukan sendiri. Aku beruntung mempunyai anak-anak yang mandiri dan peduli terhadap pekerjaan rumah, mereka membantu pekerjaan-pekerjaan kecil sesuai dengan umur mereka.

IMG_20131205_160626Setelah anak-anak berangkat sekolah, aku bawa anaku yang paling kecil ke rumah sakit untuk menjaga istri. Berbeda dengan proses melahirkan normal, proses Caesarean section memerlukan perawatan khusus, istri lebih terlihat lemah dan selalu harus dibantu untuk melakukan segala sesuatu seperti mandi, ke toilet atau sekedar berlatih jalan-jalan. Untuk sekedar bangun saja, istri harus dibantu karena masih terasa sakit di bagian perut bawah. Ini adalah kali pertama istri melahirkan dengan Caesarean section, sehingga aku sendiri baru kali ini juga merasakan kepayahan dalam menjaga dan mengurusinya. Berbeda dengan kelahiran ke-4 anakku sebelumnya yang melalui proses kelahiran normal, pasca melahirkan istri langsung bisa melakukan segala keperluannya sendiri sehingga biasanya aku hanya konsentrasi mengurus anak-anak di rumah. Setelah selesai mengurus istri, sore harinya aku pulang ke rumah untuk menemani anak-anak belajar kemudian kembali ke rumah sakit malam harinya.

Setelah 5 hari dirawat dan luka bekas operasi sudah terlihat mengering, dokterpun akhirnya mengijinkan kami pulang. Walaupun luka luarnya sudah kering, ternyata istri masih merasa sakit di bagian bekas operasi tersebut, sehingga segala aktifitasnya tetap harus aku bantu. Jadilah aku makhluk super hero di rumah, aku benar-benar melakukan pekerjaan rumah sekaligus sebagai perawat istriku. Dari dulu memang aku selalu melakukan semua pekerjaan rumah ketika istri melahirkan, tapi tidak harus merawat istri karena dia bisa melakukan sendiri. Pagi-pagi sebelum subuh aku memasak air untuk istri mandi kemudian memandikannya. Setelah selesai memandikannya, aku juga membantu memasang korset di perutnya dan membantu memakai pakaian. Setelah sholat subuh, aku memasak untuk bekal dan sarapan anak-anak.

Setelah anak-anak berangkat sekolah aku mengurus si bayi, memandikannya, mendandaninya dan membedongnya. Saat ini hari-hari hujan dan pagi-pagi sudah gerimis sehingga si bayi tidak dijemur. Setelah selesai mengurus si bayi, aku memandikan masnya, mendandaninya lalu memberinya sarapan sereal. Barulah akhirnya mengurus pekerjaan rumah, mencuci popok bayi, menyapu dan mengepel rumah. Dan finalnya adalah memasak untuk makan siang, aku memang tidak pandai masak tapi ada instruktur memasak yang handal yaitu istriku yang selalu mengaiden bumbu apa saja yang harus dipakai dalam masakan. Sungguh repot rasanya, tapi saat-saat seperti inilah aku merasa menjadi suami yang hebat dan bertanggungjawab. Pun demikian, istri katanya merasa sangat disayang oleh suaminya.

img1389833367684Begitulah aktifitasku sehari-hari saat ini, mudah-mudahan diluar sana banyak suami-suami yang lebih hebat dan peduli kepada istri dan anak-anaknya terutama saat-saat pasca melahirkan seperti ini.

#Edi Padmono

15 thoughts on “Suami Siaga

  1. Posting ini jadi mengingatkan keadaan yg hampir mirip dgn apa yg saya alami puluhan tahun lalu.
    Kurang lebih awalnya begini Mas, ketika anak saya yg pertama baru berusia 8 bln, ternyata istri saya sudah mengandung lagi. Selanjutnya, mirip deh apa yg mas lakukan ini dgn apa yg saya lakukan.

    Salam,

  2. Senang membaca ini Pak. Suami saya juga tak segan membantu pekerjaan rumah dan mengurus anak2. Selamat atas kelahiran putranya, semoga jadi penyejuk hati yang shalih 🙂

  3. Hi! Would you mind if I share your blog with my facebook group?
    There’s a lot of people that I think would really appreciate your content.
    Please let me know. Thank you

Leave a Reply

