Liburan Enak Bersama Emak (Cak Cholik)

Aku adalah orang yang sangat suka dengan cerita atau tulisan tentang orang tua terutama ibu, aku selalu menangis setiap kali membaca tulisan-tulisan tersebut walaupun tulisan itu bercerita tentang kebahagiaan dan bukan kesedihan. Itu semua dikarenakan aku selama ini masih belum bisa membahagiakan ibu dan bapak saya. Dan setelah memeriksa blog detiknya pakdhe Cholik, aku langsung memilih artikel yang berjudul “Liburan enak bersama emak” karena artikel inilah yang mampu membuatku meneteskan air mata kebahagiaan sekaligus kesedihan.

Saat baru membuka artikel ini, aku langsung terharu dan meneteskan air mata melihat sebuah photo seorang yang gagah merangkul seorang wanita tua bertubuh kecil dan agak kurus yang mungkin karena usia. Aku langsung menyimpulkan dari judul tulisan bahwa orang tua itu adalah emaknya pakdhe Cholik yang sering ia ceritakan dalam socmed, “cetar membahana” begitulah pakdhe cholik sering memuji emaknya. Dari photo itu, aku bisa merasakan betapa pakdhe Cholik mencintai dan hormat kepada emaknya, pun demikian sang emak tentunya sangat bahagia memiliki putra yang sangat peduli kepadanya. Itulah yang membuat air mataku meleleh, dikala orang lain mampu memeluk emaknya, membuatnya selalu tersenyum tetapi aku tidak bisa melakukannya kepada ibuku.

Setelah lama aku memandangi photo itu, akhirnya aku membaca artikelnya. Kembali aku terharu dan meneteskan air mata, bukan karena seorang pensiunan jendral yang membuat sebuah kolam renang, aku terharu kerena kolam itu dibangun untuk hiburan emaknya. Pakdhe Cholik menginginkan emaknya selalu hidup dengan bahagia, selalu bergembira dengan ramainya anak-anak. Membuat emaknya tidak akan pernah kesepian inilah yang membuatku terharu bahagia sekaligus sedih, bahagia karena pakdhe bisa membahagiakan emaknya dan sedih mengingat aku tidak bisa membahagiakan ibu dan bapakku. Walaupun aku menanggung perawatan ibuku yang sudah 10 tahun terbaring sakit, aku tidak bisa memeluknya, membuatnya tertawa, memberikannya hiburan apalagi mengajaknya makan enak. Aku hanya bisa melihatnya berbaring lemah menjalani hari-harinya yang begitu berat. “Maafkan anakmu ini ibu”

176375_194877553865544_3532616_oGiveaway 2 Hari

#Edi Padmono

4 thoughts on “Liburan Enak Bersama Emak (Cak Cholik)

Leave a Reply

