Profesionalisme dan Konsistensi Ngeblog

Agustus 2013 aku mulai mengaktifkan sebuah blog pribadi yang berisi tentang pengalaman pribadi dan apa saja yang pernah aku lihat yang kemudian aku kemas dalam bentuk refleksi dan motivasi. Berawal dari dorongan seorang sahabat yang mengatakan bahwa perlunya dishare sebuah pengalaman agar bisa diketahui banyak orang dengan harapan orang lain dapat mengambil hikmah serta pelajaran dari sebuah pengalaman. Kemudian aku juga bergabung dalam sebuah komunitas Warung Blogger dan Blog Camp yang mana di sana aku temukan banyak sekali orang-orang hebat dan setiap hari ada puluhan artikel yang dipublikasikan di komunitas ini. Akupun menjadi senang membaca karena semua tulisannya baru dan tidak berbau SARA atupun politik.

Setelah bergabung ke sebuah komunitas tentunya aku juga harus mempunyai konsistensi menulis dan bekujung ke blog-blog sahabat. Lebih dari 10 blog aku kunjungi setiap harinya, hanya saja terkadang tidak meninggalkan jejak karena ada beberapa artikel di blog sahabat yang topiknya sama sekali tidak aku mengerti seperti blog yang membahas tentang otomotif. Sungguh sangat menyenangkan berkunjung ke blog-blog sahabat apalagi ketika aku berada di luarkota dan jauh dari keluarga, membaca artikel di blog pada saat istirahat dan menjelang tidur membuat waktu terasa cepat berlalu. Selain menjadi hiburan, blog walking juga membuatku bertambah wawasan dan terkadang muncul ide menulis dari artikel yang telah dibaca. Walaupun tidak pernah bertemu dengan si pemilik blog, dengan berkunjung dan komen atau sekedar like sebagai tanda sebuah kunjungan ternyata membawa keakraban tersendiri.

Kembali ke sebuah konsistensi ngeblog, aku melihat para sahabat begitu rajin membuat tulisan-tulisan yang diposkan di blognya bahkan ada beberapa sahabat yang mampu menulis lebih dari 2 artikel setiap hari. Kadang aku berfikir, apakah sahabat yang tulisannya banyak setiap hari ini kerjanya hanya di depan komputer saja atau memang dia berprofesi sebagai penulis. Berbeda dengan mereka, aku setiap bulan tidak menulis banyak namun tetap berusaha konsisten 9 pos per bulan. Aku adalah pekerja yang mempunyai jadwal kerja 2 minggu full dan libur selama 2 minggu pula, ketika aku sedang bekerja yang bisa aku lakukan hanyalah blog walking pada saat istirahat ataupun menjelang tidur dengan sebuah HP. Selama aku bekerja, aku tidak mungkin menulis karena akan mengganggu konsentrasiku dalam bekerja dan aku adalah orang yang profesional yang tidak pernah menggunakan fasilitas ataupun mencuri waktu saat bekerja untuk keperluan pribadi.

Ketika aku sedang libur, aku juga tidak melulu di depan komputer untuk menulis ataupun membaca artikel-artikel di blog sahabat. Rata-rata satu tulisan aku selesaikan dalam 2 sampai 3 hari, karena ketika sedang menulis kemudian anak mengajakku bermain, aku tinggalkan saja komputer dan bermain dengan mereka. Itulah sebabnya kenapa tulisanku hanya 9 pos setiap bulannya. Blogging bagiku hanya selingan saja dan terus terang aku belum bisa membuatnya menjadi sebuah rutinitas seperti para sahabat yang justru sudah menjadikan blogging sebagai pekerjaan dan menghasilkan rupiah. Aku hanya sekedar berusaha konsisten menulis beberapa artikel setiap bulan untuk menumbuhkan minat menulis dan membaca dan aku tetap harus profesional dalam bekerja dengan tidak menggunakan waktu kerja untuk kegiatan blogging. Aku juga masih merasa lebih senang mengerjakan pekerjaan rumah, bermain dan belajar dengan anak dibanding dengan kegiatan blogging.

bloggingBagaimanakah dengan para sahabat blogger ? apakah anda memanfaatkan fasilitas kantor dan waktu bekerja untuk kegiatan blogging? apakah anda lebih mementingkan kegiatan blogging daripada mengurus anak-anak anda ? seberapa konsistenkah anda menulis di blog ?

#Edi Padmono

12 thoughts on “Profesionalisme dan Konsistensi Ngeblog

  1. Ada kegiatan yang memang harus diutamakan daripada ngeblog Mas
    Jangan sampai gara-gara ngeblog karier menjadi terbengkalai, anak isteri tak diopeni,ibadah lalai, dll.
    Salam hangat dari Surabaya

  2. Saya juga ngeblog kalau tiba2 ada “cling” tema yang pengen sy tulis. Biasanya ide2 itu saya catet dulu di handphone. Nanti kalau ada waktu kosong baru deh ditulis di blog.

    Salam dari Malang πŸ™‚

  3. Karena waktu saya masih luang, jadi saya masih beruaha untuk konsisten nuljs harian.
    Biasanya saya nulis sore hari sepulang dari pabrik. Sumber tulisan dari inspirasi yang muncul dari pagi hingga sore.
    Sementara saya ngeblog pake hp android. Tidak pernah saya posting blog sast jam kerja. Ide2 yang muncul biasa saya tampung dulu di Notes.
    Kurang lebih demikian aktifitas ngeblog saya dua bulan terakhir ini, Mas…

  4. saya rutin tiap hari ngeblog πŸ˜€
    fasilitas kantor dipake juga seh. biasanya saya blogging dan nulis di pagi hari sebelum berangkat…. kebetulan saat itu dapat bonus untuk browsing dari provider yg saya pakai πŸ˜€

  5. makasih udah sering berkunjung ke blog ku mas..
    kalau syt sejak awal tahun ini lagi ga terurus nih blog ku . dunia nyata lebih membutuhkan waktuku heuheuheuh

  6. Blog merupakan dunai informasi sosial media yang mengasyikan, Perlu kometmen dan kesunguhan dalam berbagi waktu yang penting untuk membagi waktu kehidupan, baik dalam dunia nyata mau pun dunia blogging ya Mas.

    Salam

Leave a Reply

