Diterima di SMP Citra Islamic

Karena kegagalannya pada tes masuk SMP Citra Berkat (yayasan Ciputra) dengan skor 45 bulan Desember lalu akhirnya aku mendaftarkannya ke beberapa sekolah SMP suwasta yang setara dengan yang sebelumnya. Selama menunggu jadwal tes, aku mengajarnya latihan soal-soal secara intensif selama aku berada di rumah. Ketika aku berada di luar kota aku mengajarnya secara online yaitu anak mengerjakan soal-soalnya terlebih dahulu kemudian aku periksa setelah dia photo dan dia kirim melalui Whatsapp, jika ada yang salah barulah aku menelponya untuk menjelaskan dan mengarahkan untuk mengerjakan ulang sampai dia paham dan bisa. Aku mendapatkan soal-soal UN SD tahun-tahun sebelumnya dengan mendownloadnya di internet. Untuk pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan IPA anakku tidak mengalami kesulitan dan selalu mampu menyelesaikan 80-90% soal dengan benar. Namun soal-soal Matematika anakku masih harus banyak berlatih memahami dan menyelesaikan soal secara praktis.

Anak pertamaku ini memang anak yang penurut dan pandai menyenangkan hati orang tua, dia tidak mau membuat kegagalan yang kedua kalinya yang tentunya akan mengkhawatirkan hati papanya. Selama bulan Desember – Januari dia serius belajar dan berdiskusi denganku siang dan malam sampai-sampai dia tidak keluar rumah untuk bermain. Setelah beberapa waktu aku mencobanya dengan soal-soal Matematika aku dapat menyimpulkan bahwa anak ku sangat lemah di bangun ruang dan titik koordinat terlebih jika kedua materi ini digabung dalam soalnya. maka aku memfokuskan pembelajaran pada dua materi ini, dari soal-soal yang sederhana sampai soal-soal campuran. Akhirnya setelah sekian kali berlatih soal-soal anakku mampu menyelesaikan hampir 95 soal-soal matematika dengan benar. Setelah anakku mulai menguasai semua mata pelajaran UN, aku mulai mengendorkan pola belajarnya dengan sedikit santai yang terpenting terus berlatih.

Belajar sama papa

Santai belajar sama papa

Neng Ghina setia menemani abang belajar

Neng Ghina setia menemani abang belajar sebelum tes

Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, tanggal 24 Januari 2015 anakku melakukan tes PSB di SMP citra islamic (yayasan Islamic vilage) sekolah yang sudah cukup ternama di daerahku. Tes di selenggarakan jam 08;30 selama 2,5 jam, kami berangkat dari rumah pukul 07;00 dan sampai di lokasi sekolah pukul 07;30.  Sebagai penyemangat adik perempuannya Ghina ikut mengantar dan membawakan buku-buku pelajarannya. Sambil menunggu anakku membuka-buka lagi pelajaran IPA dan Bahasa Inggris agar tidak terlalu gugup. Tes pun dimulai tepat pada waktunya, anakku mendapat kursi di bagian tengah. Sebelum mengerjakan soal seperti biasa pengawas melakukan penjelasan tata tertib dan tatacara mengerjakan soal di lembar jawaban. Dua jam berlalu dan anak-anak yang lain sudah keluar ruangan namun anakku masih tertinggal di dalam. Aku menjadi khawatir apakah anakku bisa mengerjakan soal atau tidak. Pada akhirnya tes pun selesai dan anaku keluar ruangan paling akhir “kok terakhir sih bang…? susah ya….?” tanyaku khawatir. “Kata papa harus teliti….” jawabnya ringan.

Kami pun pulang dan menunggu hasil tes yang akan diumumkan seminggu kemudian. selama perjalanan aku menasihati anakku untuk berdoa terus agar diterima di sekolah itu. SMP citra islamic adalah sekolah yang lumayan bagus dengan fasilitas yang bagus, ruang kelas ber AC, Lab IPA, bahasa dan IT lengkap, sarana olahraga lengkap, security sekolah bagus dan masjid yang memuat 3000 jamaah berdiri di lingkungan sekolah serta setiap murid baik SD,SMP maupun SMA diwajibkan sholat berjamaah Dzuhur dan Ashar. Setelah seminggu berlalu, aku sudah berada di tempat kerja di Kaltim sehingga aku tidak bisa mengambil pengumuman  hasil tes. Aku hanya menelpon pihak sekolah dan menanyakan tentang anakku dan ternyata hasilnya memuaskan, lulus dengan skore 84 dimana batas kelulusannya adalah 70. Lagi-lagi dari 200 soal, ternyata matematikalah yang banyak salahnya. Tapi tidak apa-apa, anak mempunyai potensi sendiri dan tidak bisa dipaksakan harus seperti papanya. Kini hatiku sudah tenang karena anak sulungku sudah mendapatkan sekolah SMP yang lumayan bagus dan untuk jadwal tes di SMP lainnya aku abaikan, tinggalah aku mempersiapkan anakku agar lulus UN SD dengan nilai yang bagus pula.

#Edi Padmono

8 thoughts on “Diterima di SMP Citra Islamic

Leave a Reply

