Absen dari Blogging

Tidak terasa sudah 4 bulan aku absen dari kegiatan blogging. Bukan hanya itu saja, aku juga absen dari semua media sosial sehingga sudah dapat dipastikan aku tertinggal jauh dari berita berita yang ada di media sosial. Dibilang sibuk, tidak tapi kalau dibilang santai tidak juga, begitulah kondisi-ku selama 4 bulan ini. Dimulai dari bulan Mei aku harus konsentrasi untuk abang Fattah anak sulungku menghadapi UN SD, walaupun dia sudah dapat sekolah SMP swasta favorit melalui test bulan Januari lalu, nilai SKHUN harus jangan malu-maluin dong….. Hampir setiap hari aku memberikan try out soal UN tahun-tahun sebelumnya kepada anak sulungku ini. Setiap latihan soal akan terlihat kecepatan dan jumlah soal yang dikerjakan dengan benar, sehingga untuk materi-nya tinggal mengulangi bagian yang jawabannya salah. Salah jawaban ada dua hal pokok yaitu kurang paham terhadap materi atau kurang teliti dan di sinilah poin penting dalam pembahasan dan pengulangan materi karena memang materi UN itu diambil dari kelas 4 SD. Alhamdulillah hasil UN anakku sangatlah lumayan, aku menargetkan meraih rata-rata 9 tapi hasilnya turun 0.5. Hasil UN ini termasuk mengagetkan guru dan teman-temannya mengingat anak-ku bukanlah siswa yang berprestasi terutama untuk pelajaran Matematika.

Bulan Juni aku pindah kontrakan dari rumah kakak Ghina ke rumahnya adik Zuhdi karena rumah kakak Ghina sudah tidak muat lagi untuk menampung kami semua. Kontrakan? iya …..karena walaupun aku yang membelinya tapi setatus rumah itu milik anak-anakku sehingga aku memperlakukan seperti jika rumah itu ditempatin atau disewa orang lain. Aku juga membayarnya sesuai dengan harga sewa pasaran dan uang itu langsung masuk ke tabungan pemilik rumah sebagai dana pendidikan mereka. Pindahan rumah berarti pindahan sekolah juga dan inilah yang agak membuat aku kerepotan. Kakak Ghina dan mas Hafidz pindahan SD kelas 3 dan 5, sedangkan mas Adzakhi masuk TK. Pindahan di sekolah terpadu tidaklah seperti pindahan di SD negeri yang tinggal masuk aja jika ada kursi. Di sekolah terpadu selain ketersediaan kursi, anak juga harus melewati ujian terlebih sekolah yang akan dimasuki gritnya lebih tinggi  dari sekolah sebelumnya dari segi KBM dan hafalan Al-qur’an. Sangat beruntung anak-anakku sudah hafal Juz Amma karena mereka mempunya guru privat baca tulis Al-Qur’an di rumah yaitu mamanya sehingga bisa melewati ujian hafalan. Bulan Juni juga masuk bulan Ramadhan dan semua anak-anakku sudah masuk sekolah sejak akhir Juni. Abang Fattah MOS SMP  kemudian dilanjutkan kegiatan pesantren ramadhan di sekolahnya. Mas Hafidz dan kakak Ghina juga mengikuti kegiatan pesantren ramadhan selama 2 minggu.

Sekolah anak-anak lumayan jauh dari rumah dan jalannya sangat ramai sehingga aku harus antar jemput mereka selama bulan puasa. Pagi antar anak-anak sekolah, lalu membantu istri bersih-bersih rumah sampai siang kemudian menjemput anak-anak dan malam sholat tarawih, begitulah rutinitasku sehari-hari selama bulan Juni Juli. Terlebih mas Adzakhi yang baru pertama kali masuk sekolah di bulan Juli, aku atau mamanya harus menunggunya sampai sekolah usai selama dua minggu berturut-turut. Setelah kegiatan belajar anak-anak normal, aku mulai melepaskan anak-anak. Abang Fattah ke sekolah dengan bersepeda sementara mas Hafidz dan kakak Ghina dengan ojek langganan. Sementara mas Adzakhi tetep harus di antar jemput oleh mamanya walaupun sekarang sudah tidak minta ditungguin lagi. Jika anak-anak sudah pergi sekolah, di rumah hanya tinggal bertiga, aku, istri dan adik Zuhdi. Sementara istri memasak aku mengajak adik Zuhdi bermain di taman. Barulah ketika ada waktu luang (terbebas dari gangguan adik Zuhdi) aku membuka-buka blog teman yang sering aku kunjungi selama ini, alhasil aku sangat tertinggal jauh sekali. Begitulah ceritaku yang singkat kenapa aku absen dari kegiatan blogging selama ini.

#Edi Padmono

5 thoughts on “Absen dari Blogging

  1. salam kenal mas atau pak, om? hehe
    blognya keren…aku kaget pas buka blog di tab sebelah tiba2 laptopku nyanyi Diamond Rihanna versi asik banget…gimana bikinnya?
    aku blogger baru (yang udah lama pengen ngeblog) hehe
    ayo ajarin biar blogku juga bisa nyanyi hehe

Leave a Reply

