Aku dan medsos

Aku termasuk orang yang kurang update dan mengenal media sosial sangat terlambat, mungkin karena aku tidak pernah upgrade handphone selama belum rusak. Mempunyai HP pun aku termasuk terlambat karena pada tahun 2004 aku baru memilikinya dengan model N-3315, padahal waktu itu sudah bertaburan HP kamera yang bagus-bagus. Biasa, aku adalah orang yang perhitungan dan selalu mengedepankan kebutuhan dan fungsi daripada keinginan dan gaya. Memiliki HP pun tidak seperti orang-orang yang selalu di genggaman atau di saku namun lebih banyak di tas dan masuk di loker atau di dalam mobil. Di cibir dan diolok-olok oleh teman sudah pasti, namun aku tetap santai saja toh hidupku tetap berjalan dengan baik. Kemudian mulailah teman-teman ramai dengan dunia maya seperti twetter dan FB dan sering mereka menanyakan akunkku, tapi sayang aku tidak memilikinya. Akhirnya pada tahun 2010 aku membeli komputer dan memasang internet di rumah karena sebuah kebutuhan pekerjaan, barulah saat itu aku mengenal FB dan membuat akunnya.

Setelah memiliki akun FB aku hanya meng add saudara kandungku saja, karena aku memang bukanlah orang yang aktif searching nama-nama teman. Namun ternyata banyak teman-teman sekolah, kerja dan pengajian yang menambahkanku sebagai temannya. Aku sangat jarang membuka FB sehingga suka terlambat mengkonfirmasi permintaan pertemanan. Kemudian ada beberapa teman yang membuat group dan memasukkan aku ke dalamnya, mereka saling berinteraksi dalam grup namun aku hanya menjadi reader saja sehingga terkadang mendapatkan teguran dari mereka. Aku dan FB tidak terlalu dekat, hanya sekedarnya saja yaitu melihat dan menutupnya kembali tanpa membuat setatus ataupun komen kepada teman. Dikala orang-orang sudah memindahkan media social mereka ke dalam saku dengan adanya androit, namun aku masih setia dengan N3315 ku yang masih berumur panjang. Hingga akhirnya pada pertengahan 2012 aku terpaksa mengganti HP ku dengan HP android karena HP yang lama sudah tidak bisa berfungsi lagi. HP android ku pun adalah bukan yang berkelas dan harganya sangat murah.

Mulai saat itulah  walaupun sekedar sebagai reader aku mulai sering mengunjungi medsos yang aku punya, karena mereka telah terinstal di HP ku. Pada saat itu juga seorang memasukkan aku kedalam sebuah group yang berkonten pendidikan, pembangunan, alam, agama dan social budaya. Aku mulai tertarik untuk berinteraksi karena memang aku sangat suka dengan tema yang diusung oleh group ini. Perlahan aku mulai komen dan membuat status disana. Mulai saat itu pula banyak yang mengirim permintaan pertemanan kepadaku dan anehnya kebanyakan adalah ibu-ibu. Interaksi pun terus berlanjud dengan saling komen pada setatus dan bertegur sapa di chat massager. Tidak jarang anggota group melampirkan tautan blog pada statusnya dan aku suka membacanya. Pada prinsipnya aku memang orang yang hobi membaca dan menulis namun aku tidak pernah terfikirkan untuk menulis pada sebuah dunia maya. Hingga akhirnya ada dorongan dari seorang teman agar aku membuat sebuah blog dan menulis catatan harianku.

Dari kegiatan blogging itulah aku mulai dekat dengan dunia maya, dari FB, tweeter dan G+. Aku menghabiskan waktu dengan dunia maya pada saat istirahat kerja atau hari libur. Pada setiap hari aku mampu membaca 5 sampai 10 artikel dari blog teman-teman. Dari kegiatan blog walking ini aku memiliki banyak teman di dunia maya terutama di FB. Mungkin karena tulisanku di blog adalah kebanyakan cerita masa laluku yang menyedihkan sehingga lagi-lagi yang mengirim permintaan pertemanan denganku adalah ibu-ibu. Akhirnya karena sebuah kesibukan aku mengundurkan diri dari media maya dan sementara menonaktifkan akunnya namun ketika perlahan-lahan aku kembali ke dunia medsos, alangkah tekejutnya ternyata banyak temanku yang hilang padahal dahulunya teman-teman itu adalah teman yang aktif interaksi denganku. Ketika aku check akun mereka ternyata akun mereka telah memblokir akunku sehingga aku tidak bisa melihat status mereka. Aku tentunya heran terhadap perlakuan mereka terhadapku, mungkin aku pernah berbuat salah dalam tulisan komen status atau chat massager namun aku tidak mengerti bagaimana caranya aku mengkonfirmasinya. Kepada teman-teman yang memblokir akunku, melalui tulisan ini aku meminta maaf jika pernah berbuat salah.

#Edi Padmono

11 thoughts on “Aku dan medsos

  1. jika diblock teman, kita bisa tahu dari link mati yg terlihat. misal ada mutual friend nyetatus, kita bisa lihat komentar teman yg memblokir, tapi tak dapat mengklik karena link mati.

    Mas Edi, pertemanan di dunmay itu terlihat kuat padahal sebenarnya rapuh. dalam banyak hal bisa terlihat kuat dan saling menguatkan, tetapi bisa putus. seringnya karena belum pernah bertemu sekalipun, pernah berselisih, atau pernah berkomentar yg menyakiti. ucapan lisan hanya terdengar 1 kali, ucapan tulisan abadi karena bisa dibaca puluhan kali

  2. Saya main-main di dunia maya sejak 2010, sampai saat ini masih namun sudah mulai berkurang.
    FB dan G+ hanya untuk share posting blog saja, kalo twitter saya masih rajin juga.
    Ngeblog, mulai kendur. Satu posting per minggu saja sudah hebat.

    Salam,

  3. Setuju sama Mbak Susi.
    Kadang, di dunia maya, cara kita berutur ditangkap berbeda oleh orang lain.
    Yang tidk marah bisa kelihatan marah. Yang bicara baik-baik bisa disangka nyinyir. Soalnya kan emosional tidak terbaca kalau di medsos.

    Bisa jadi, orang tidak mengeri karakter kita. Cara kita bertutur yang lebih blak-blakan daripada orang lain disalahartikan. Banyak kemungkinan.

    Tapi kadang2 terjadi “unfriend” yang tidak disengaja. Misalnya, tiba2 kita tidak berteman lagi padahal tidak satu pun yang memutuskan pertemanan atau gak sengaja ter-klik tanpa disadari. Bisa juga seperti itu.

  4. Kalau aku memang menjauh dari dunia medsos secara pribadi.

    Dan sama, sejak aktif dunia blogger saya sendiri aktif banget di med sos. baik untuk sharing artikel, baca blog teman teman. Alhamdullilah, memetik manfaat baik dari med sos

Leave a Reply

