Bukan Blog komersil

Menulis adalah kegemaranku mengisi waktu luang dan pelampiasan hati sejak aku masih SD. Dari kecil pula tulisanku selalu berbentuk deskriptif nyata tentang hal-hal yang aku lihat dan alami. Ketika musim hujan tiba, maka aku menulis sebuah cerita tentang bagaimana aku harus berlari-lari kehujanan sewaktu pulang pergi sekolah, menulis tentang susahnya mengembala kambing sehingga harus mengumpulkan cadangan makanan kambing yang banyak, menulis tentang para petani yang mulai menggarap sawahnya dan aku juga sering menulis tentang keceriaan bermain mandi di sungai bersama teman-teman. Ketika kelas 6 SD aku juga sudah menulis tentang gotong royong masyarakat dengan pemerintah dalam pembangunan saluran irigasi dan mendapatkan juara satu tingkat kacamatan. Ketika SMP aku mulai menulis tentang kenakalan-kenakalan anak SMP waktu itu, yang diikut sertakan dalam lomba mengarang deskripsi bahasa jawa walaupun tidak menang. Ketika SMA dan kuliah aku lebih suka menulis puisi curahan hati karena kesal dan sedih. Sangat disayangkan kebiasaan menulisku tidak ada yang mengasah dan membinanya sehingga hanya menjadi sebuah kebiasaan saja.

Setelah menikah dan bekerja aku jarang sekali membuat puisi ataupun menulis di buku harian, hanya sesekali saja aku menulis yaitu ketika sangat sedih ataupun marah. Hingga pada saat aku mulai mempunyai waktu yang senggang cukup banyak dan saat itu media sosial mulai merebak, akupun sesekali membuat status cerita masa lalu tentang diriku sendiri. Cerita itu dibaca oleh seorang teman dan beliau menyarankan agar aku menulisnya dalam sebuah blog. Akupun membuat blog “menuju madani “ini, blog yang hanya bercerita tentang kehidupan pribadi dan keluarga serta orang-orang terdekat. Isi dari blog ini realistis deskiptis apa adanya tanpa sebuah manipulasi cerita karena sebenarnya memang hanya untuk konsumsiku sendiri. Menulis cerita pribadi untuk selalu ingat masa lalu dan bersyukur dan menulis cerita orang terdekat sebagai pembelajaran dan motivasi. Kebetulan aku adalah orang yang tidak bisa diam jika duduk di taksi, duduk di halte ataupun ruang tunggu bandara. Pada saat itulah aku berinteraksi dengan orang yang duduk di dekatku dan sampai bercerita tentang kehidupannya. Beruntung dalam setiap interaksi aku bertemu dengan orang-orang hebat yang mempunyai masa lalu sangat rumit dan menyedihkan yang kemudian aku tulis ke dalam blog.

Dengan berjalannya waktu, blog ini pun mulai di kenal orang dan mempunyai follower. Aku tidak mengerti tentang SEO ataupun PageRank, bagiku menulis ya menulis saja dan tidak berharap mempunyai banyak pengunjung atau follower. Akupun menulis di blog termasuk sedikit, hanya sekitar 3-4 tulisan dalan sebulan karena memang aku hanya menulis ketika waktuku benar-benar senggang. Berbeda dengan kegiatan mambaca berita ataupun blog teman, aku bisa membaca 5-10 tulisan setiap hari walaupun aku jarang meninggalkan jejak dalam tulisan tersebut. Entah apa yang dilihat dari blog ini sehingga sering sekali aku mendapatkan email dari sebuah produk atau situs belanja untuk memasang barner link di blog ini, namun sampai saat ini aku tidak pernah menuruti email tersebut karena aku membuat blog ini bukan untuk komersial. Walaupun aku suka membaca dan menulis namun aku memang tidak tertarik untuk menjadikannya ke ranah komersial walaupun orang berlomba-lomba untuk menuju kearah sana dan memang mereka berhasil dan sukses dengan dunia menulis, ada yang bisa jalan-jalan ke luar negeri geratis, ada yang mendapatkan sovernir bernilai jutaan rupiah, menerbitkan buku dan sebagainya.

Namun demikian blog ini juga sering mengikuti GA atau lomba menulis yang diselenggarakan teman blogger atau sebuah produsen, namun keikutsertaannya sekedar partisipasi pertemanan dan kebetulan aku mempunyai cerita real tentang tema yang diusung. Untuk lomba menulis yang diadakan oleh produsen, aku akan mengikutinya jika aku memang pengguna dari produk mereka sehingga blog ini terjaga real writing-nya walaupun sebenarnya bisa saja tanpa memiliki produknya juga bisa berkompetisi dengan mengexplore yang ada di web produsen tersebut. Aku mengikuti GA atau lomba menulis tidak pernah mengharapkan menang walaupun untuk beberapa GA aku pernah memenangkannya. Aku mengikutinya hanya untuk mengupdate tulisan dalam blog ini dan kembali harus sesuai dengan cerita nyata yang aku miliki. Sebisa mungkin blog ini akan aku buat menjadi blog cerita nyata baik untuk masa lalu dan masa depan yang sedang akan aku raih. Masa depan memang ghoib dan seolah fiktif untuk ditulis tapi aku berusaha dan sedang dalam proses untuk mewujutkannya. Untuk itu demi menjaga kemurnian blog ini, walaupun materinya mudah akan sebuah GA atau lomba dari produsen aku tidak akan mengikutinya jika aku tidak memiliki cerita nyata sebagai bahan menulisnya.

#Edi Padmono

7 thoughts on “Bukan Blog komersil

  1. sama dengan aku mas, aku juga belum berniat untuk dikomersilkan, karena aku suka sekali menulis apa yang terlihat, apa yang terasakan dan apa yang terimajinasikan

  2. Saya juga tidak menulis untuk tujuan komersialkan blog saya pak. Dalam artian tidak langsung, tetapi lebih untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman yang secara tidak langsung meningkatkan kredibilitas saya. Mungkin hal ini yang menyebabkan blog Pak Edi ada yang meminta untuk dipasangkan iklan. Karena kredibilitas Pak Edi secara pribadi ataupun kredibilitas blog ini.

    Saya sendiri juga ada yang meminta untuk dibuatkan iklan. Kebanyakan sih memang teman-teman pribadi. Ada yang buat usaha, ada yang jualan dan ada juga yang menawarkan album musiknya. Ya demi menjaga persahabatan, saya buatkan tulisan dengan syarat mengikuti ketentuan yang ada dalam blog saya dan tidak boleh diedit. Loh kok saya malah cerita tentang blog saya ya?

  3. Dulu Nulis blog karena ingin mengisi waktu luang dan merekan kisah mbolang yang sering saya lakukakn sejak berkeluarga. Akhirnya rezekipun mengikuti. Alhamdullilah. Nulis dengan hati, rezeki akan mengikuti.

Leave a Reply

