Sama-sama

Adik Zuhdi pada saat lahir adalah anak yang pendiam, jarang sekali menangis dan ingin selalu dekat dengan mamanya. Namun siapa yang sangka setelah melewati umur satu tahun adik Zuhdi menjadi anak yang ceriwis dan menggemaskan. Segala sesuatu yang dilihat adik Zuhdi selalu ia tanyakan dan jika pertanyaannya tidak diperhatikan maka dia langsung marah dan guling-guling dilantai. Namun yang tidak berubah dari adik Zuhdi adalah selalu ingin dekat dengan mamanya. Katika aku membawanya keluar, ke taman atau jalan-jalan di trotoar, tidak lama kemudian pasti dia langsung menanyakan “mama mana?” trus merenggek minta cepat pulang “ayo pulang ke mama” pintanya. Adik Zuhdi juga seru dikala bermain terlebih jika bermain dengan mas Adzakhi, rumah selalu berserakan dengan mainan mereka. Terkadang mas Adzakhi mau merapihkan mainan yang sudah berserakan kembali ke dalam box mainan, akan tetapi jika dia sedang malas maka mamanya lah yang harus merapihkannya. Setelah mainan selesai dirapihkan, tidak lama kemudian mereka menghamburkannya kembali ke lantai dan bermain lagi sehingga rumah selalu berantakan sepanjang hari.

 Picture 795IMG_20150923_184209Namanya juga anak kecil, adik Zuhdi selalu ingin menang dibandingkan mas dzakhi. Setiap mainan yang mas dzakhi pegang selalu diminta oleh adik zuhdi sehingga terkadang jadi rebutan dan berujung salah satu menangis. Jangan dikira adik zuhdi yang nangis ya…..kebanyakan yang nangis itu mas dzakhi padahal dia lebih besar….lucu kan…. 😀 . Kalau adik zuhdi yang menangis maka setatusnya harus dibela barulah dia akan diam. Karena mas dzakhi sudah bisa dinasehati akhirnya saat ini mas dzakhi selalu mengalah jika bermain dengan adik zuhdi. Akhirnya mereka kalau main selalu bersama-sama dan mainannya selalu dihampar ke lantai. Walaupun adik zuhdi sangat manja dan selalu ingin menang namun lama kelamaan adik zuhdi semakin besar juga semakin mau berbagi dengan mas dzakhi. “Sama-sama mas dzakhi…..” begitu kata adik zuhdi jika mas dzakhi memegang mainan.

IMG-20160401-WA0002 IMG-20160401-WA0001Adik memang bagaimana kakaknya, kegemaran adik zuhdi tidak jauh beda dengan mas dzakhi. Boneka ultraman, robot, tembakan, gambar ultraman, vidio ultraman dan game. Karena kegemarannya sama maka tidak jarang adik zuhdi minta dipakaiin baju kepunyaan mas dzakhi yg bergambar kartun pahlawan super seperti ultraman dan spiderman sehingga terlihat lucu karena badannya kecil namun bajunya besar dan kedodoran. Saat ini adik zuhdi sudah minum susu menggunakan dot ataupun gelas, herannya adik zuhdi harus sama sama mas dzakhi minum susunya. Jika mas dzakhi yang minta susu duluan maka adik zuhdi juga langsung mengantri di belakang mamanya. Jika adik zuhdi yang minta susu duluan, setelah dibikinkan oleh mamanya maka dia memaksa mas dzakhi untuk minum susu juga walaupun mas dzakhi tidak ada keinginan untuk minum susu. Tapi kalau mas dzakhi menolak, adik zuhdi pasti guling guling ke lantai dam nenangis sekeras kerasnya. Terpaksa mas dzakhi menuruti ikut minum susu juga dan setelah mereka duduk berdua minum susu adik zuhdi bilang “sama mas dzakhi” sambil memamerkan botol susunya.

IMG_20150923_184209IMG_20150928_060308

Terkadang aku berpikir tentang duo balitaku ini seperti anak kembar saja, segala sesuatunya harus sama. Mas dzakhi dan adik zuhdi walaupun beda 3 tahun namun mereka lahir pada hari, weton (hari pasar orang jawa) dan jam yang sama. Sejak umur satu tahun, adik zuhdi sudah tidak mau tidur sama kami. Adik zuhdi memilih tidur sama mas dzakhi yang kebetulan kamarnya adalah konekting dengan kamar kami sehingga ketika waktu jam tidur istri harus menemani mereka berdua sampai pulas tidurnya dan ketika adik zuhdi terbangun karena kehausan pasti adik zuhdi berteriak memanggil mamanya sehingga istri harus bangun dan menyusuinya. Hal itu tetap berlaku sampai saat ini, jika adik zuhdi terbangun kehausan dia tetap berteriak memanggil mamanya dan harus dengan segera dibuatkan susu saat itu juga serta harus ditemani sampai tertidur lagi.

20160319_072950IMG_20151124_131029Mas dzakhi sudah sekolah TK, setiap subuh mas dzaki dibangunkan untuk subuh bersama mamanya. Adik zuhdi tidak pernah dibangunkan tapi sepertinya ada kontak batin, adik zuhdi ikut bangun walupun akhirnya tidur lagi di samping sajadah mamanya. Soal mandi, adik zuhdi juga tergantung mas dzakhi sehingga terkadang mamanya ikut basah basahan karena mereka berdua bermain air. Ketika hujan tiba adik zuhdi selalu merengek ke mas dzakhi “mas mandi hujan yuk…..” dan akhirnya mereka mandi hujan berdua. Mas dzakhi mempunyai waktu bermain tab setelah pulang sekolah dan setelah asar selama satu jam, jika waktunya tiba dan mas dzakhi belum menyentuh tabnya maka adik zuhdi langsilung membawakan tab kepadanya dan meminta ditunjukin vidio ultraman dan sejenisnya.

Ada uniknya memang duo balita ini, kalau lagi akur terlihat lucu dan ketika berantem juga lucu. Lumayan bisa jadi hiburan bagi kami sebagai orang tuannya.

#Edi Padmono.

 


Advertisements

5 thoughts on “Sama-sama

  1. Kok balita, Mas. Kadang di rumah saya kalau pas anak-anak lagi kumpul liburan pesantren, yg paling gede pun bisa berantem dengan si bungsu. Maklum, si bungsu juga sering ngisengin kakak-kakaknya. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s